Beranda Berita UKM Nasional Penyebab Gagal Dalam Bisnis Online

Penyebab Gagal Dalam Bisnis Online

7
0

BISNISRIAU – Berawal dari membaca pengalaman teman-teman yang memutuskan untuk terjun di bisnis online, ternyata banyak sekali yang mengalami kegagalan hingga menyebabkan banyak dari mereka yang putus asa. Menyedihkan memang, tetapi hal itu bukanlah sebuah akhir dalam perjalanan seseorang untuk mencoba sukses dalam berbisnis online.

Bisnis online memang bukan bisnis yang bisa ditebak dengan mudah. Semua membutuhkan proses, perjuangan, dan yang paling penting menurut saya adalah membutuhkan data.

Nah, data inilah yang kita sering “alergi” dengannya karena berhubungan dengan angka. Padahal, data bagi para pebisnis online sangatlah penting dan memainkan peranan yang sangat besar untuk kesuksesan bisnis online seseorang.

Data yang saya maksud bisa dilakukan dengan melakukan riset, survey, atau bahkan hanya dengan ilmu kira-kira. Akan tetapi data dari hasil risetlah menurut saya yang terbaik.

Misalnya saja data dari hasil riset untuk menentukan jumlah pencarian produk tertentu di internet, ataupun data-data yang berhubungan dengan banyaknya pencarian dengan jumlah orang yang mencari sebuah produk sehingga akan menentukan bagi para pelaku bisnis online sebagai acuan tindakan/persiapan sebelum terjun menggarap bisnis online berdasarkan data tersebut.

Seakan-akan banyak orang beranggapan dengan terjun di bisnis online akan menjadikan mereka cepat kaya tanpa perjuangan, hal itu salah besar. Bisnis onlinepun untuk menjadi sukses juga butuh perjuangan yang keras dan besar. Baik dari segi materi, waktu, dan juga tenaga.

Penyebab gagalnya bisnis online diantaranya adalah sebagai berikut;

  1. Tidak Fokus

Memulai bisnis online memang mudah, tetapi untuk menjalaninya dengan fokus sangatlah sulit. Hal inilah yang sering dialami oleh seorang pemula yang terjun di bisnis online. Seringkali mereka tidak fokus dengan bisnis yang mereka geluti, sehingga hal ini menyebabkan kegagalan yang terus menerus, dan tentu saja hal ini sangat berbahaya dan membuang-membuang waktu.

Banyak dari para pelaku bisnis online yang baru saja terjun menekuni bisnis tertentu di internet, biasanya menemukan titik jenuh ketika penghasilan yang mereka harapkan tak sesuai dengan fakta atau kenyataan aslinya.

Ditambah melihat penghasilan orang lain yang sudah sukses di internet dan bisnis online dengan tema yang berbeda. Dengan mudahnya para pelaku bisnis online pemula ini berpindah haluan untuk mencoba bisnis yang di geluti oleh orang lain tersebut.

Berpindah, berpindah, dan berpindah tema bisnis online mereka, tanpa disadari ketidak konsistenan dan ketidakfokusan mereka hanya akan menambah kegagalan demi kegagalan. Hal ini sangat membuang-membuang waktu, tenaga, dan pikiran tentu saja.

Yang terbaik dalam membangun bisnis online adalah mencoba fokus terlebih dahulu di satu hal sampai berhasil, dan jika belum sukses jangan buru-buru pindah tema bisnis terlebih dahulu, karena hal ini akan membawa Anda pada putaran kegagalan yang tidak ada habisnya. Cobalah untuk fokus dan konsisten di satu bisnis online Anda. Tetapkan target bahwa Anda harus bisa sampai berhasil, buat aturan untuk diri sendiri agar jangan berpindah tema bisnis online sebelum bisnis online yang Anda geluti meraih keberhasilan.

  1. Kaku, Angkuh, Sombong, dan Merasa Sudah Hebat/Pintar

Dalam bisnis online kita tidak seharusnya merasa diri sudah “pintar”, karena jika seperti itu untuk menerima masukan dari orang lain akan sangat sulit. Kita selalu merasa bahwa sudah melakukan hal yang benar dan tidak mau menerima pendapat orang lain. Padahal apa yang dibilang orang lain mungkin saja memang benar dan sayang sekali jika kita tidak mencoba menerima masukan atau saran dari mereka tersebut.

Artikel Lain:  Barang Yang Cocok di Jual Secara Online

Dalam bisnis online ada banyak ilmu yang harus dipelajari. Tidak mungkin bagi kita yang baru terjun di bisnis online akan mampu mempelajari semuanya dalam waktu singkat. Kita membutuhkan orang lain untuk belajar, dan merasa kurang akan ilmu yang kita miliki akan mempermudah kita dalam belajar dari orang lain, dan menerima pendapat mereka.

  1. Tidak Mau Keluar Modal

Bisnis online apapun itu jenisnya pasti membutuhkan modal atau uang. Banyak orang beranggapan bahwa “buat apa mengeluarkan uang untuk bisnis online yang belum tentu arahnya”. Hal ini sangatlah tidak benar, jika Anda ingin terjun di bisnis online pasti Anda membutuhkan modal, entah itu untuk komputer, smartphone, dan tentu saja modal koneksi internet.

Yang lebih tinggi lagi tingkatannya adalah, modal kadang diperlukan untuk meriset pasar, produk, menyewa profesional, bahkan modal untuk beriklan. Jangan salah bahwa banyak para pelaku bisnis online yang sudah sukses di internet ternyata mereka juga mengeluarkan modal yang tidak sedikit untuk mengembangkan bisnis online mereka. Sehingga salah jika ada anggapan bahwa berbisnis online tidak membutuhkan modal apapun.

  1. Mudah Putus Asa dan Cepat Menyerah

Bisnis online bukanlah bisnis yang instan, artinya kita memerlukan waktu untuk bisa berhasil. Penyebab sering gagalnya seseorang yang terjun di bisnis online adalah cepat menyerahnya mereka dalam waktu yang terbilang masih sebentar atau baru saja menekuni bisnis tersebut.

Dalam bisnis online, kita juga perlu merintis, perlu memulai dari bawah, sehingga mau tidak mau hal tersebut membutuhkan waktu, apalagi jika kita tidak memiliki banyak modal untuk mengembangkan bisnis online tersebut. Para pelaku bisnis online yang sering gagal biasanya tidak sabaran dan cepat sekali menyerah hanya karena sebuah keterbatasan atau ketidakmampuan. Untuk itulah diperlukan usaha yang lebih keras dan sikap ulet dalam menjalani bisnis online agar mencapai tujuannya.

  1. Alasan Klasik Yaitu “Malas”

Membahas malas memang tidak akan ada habisnya. Penyakit ini begitu kuat dan hanya kita sendiri yang mampu mengalahkan rasa malas. Malas seringkali menghinggapi para pelaku bisnis online. Hal ini membuat mereka tidak berkembang karena ingin melakukan sesuatu dengan bisnisnya tetapi selalu menunda-nunda.

Jika Anda ingin segera sukses dalam berbisnis online, tentu saja Anda harus mulai mencoba untuk menghilangkan rasa malas agar bisnis online Anda dapat cepat berkembang.

Sumber: noos.co.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here