Beranda Liputan Media NPL Terbesar BRI Disumbang dari Kartu Kredit??

NPL Terbesar BRI Disumbang dari Kartu Kredit??

14
0

Bisnis RiauJAKARTA – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI) menyatakan kredit macet (Non Performing Loan/NPL) konsumer hingga saat ini masih kecil. Tercatat NPL konsumer hanya di kisaran 1% nett.

“Saat ini yang memberikan kontribusi NPL paling besar ada di kartu kredit sekitar 2,8% (dari 1%) yang lain sangat rendah,” ungkap Direktur Konsumer Bank BRI Handayani di Plaza Indonesia, Jakarta, Selasa (30/1/2018).

Mantan Direktur Konsumer Bank BTN ini menyatakan NPL ini hanya untuk konsumer saja, sehingga untuk NPL secara keseluruhan tidak terpengaruh.

“Portofolio kartu kredit dibandingkan kredit konsumer sangat kecil dibandingkan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) dan Kredit Tanpa Agunan (KTA). Jadi meskipun NPL-nya tinggi tapi tidak akan terlaku memengaruhi total NPL kredit konsumer,” jelasnya dia.

Menurutnya, untuk saat ini BRI akan lebih fokus pada penetrasi pasar kepada seluruh nasabah yang ada di Indonesia. Seperti diketahui saat ini jumlah nasabah yang dimiliki sekitar 92 juta nasabah yang memiliki akun BRI.

“Kita memiliki scoring yang baik sehingga lebih prudent dalam pemberian kredit. Kita juga mempunyai platform collection yang baik sehingga peranan collection dalam mengingatkan sangat baik. Sistem collection sudah kita perbaharui agar memitigasi risiko kredit bermasalah,” tukasnya.

Sumber : okezone.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.