Beranda Berita UKM Nasional Cara Mengembalikan Kepercayaan Konsumen

Cara Mengembalikan Kepercayaan Konsumen

11
0

BISNISRIAU – Konsumen adalah raja. Ungkapan ini memang sangat tepat bagi para pelaku usaha. Sedikit saja kepercayaan konsumen tercoreng/hilang, maka masa depan usaha Anda yang menjadi taruhannya. Bayangkan jika keluhan yang dilakukan oleh konsumen tidak Anda respon. Maka pasti mereka tidak akan percaya lagi dengan kualitas dan profesionalitas usaha milik Anda. Terlebih lagi bagi para pelaku bisnis online, kepercayaan konsumen merupakan hal yang sangat penting untuk dijaga. Karena kepercayaan konsumen adalah aset yang sangat berharga buat usaha yang kita geluti.

Jika memang suatu ketika pelayanan yang Anda berikan kepada konsumen mengecewakan dan membuahkan komplain, maka jangan tunda lagi untuk memperbaiki serta berusaha menyelesaikan kesalahan tersebut. Ada beberapa cara ampuh yang dapat Anda tempuh untuk mengembalikan kepercayaan konsumen. Seperti misalnya dengan melakukan beberapa hal berikut ini.

  1. Langsung Minta Maaf Kepada Konsumen

Sebagai manusia memang wajar jika kita melakukan kesalahan, kurang hati-hati, atau kurang cermat. Akhirnya hal ini membuahkan kesalahpahaman antara pengusaha dengan konsumennya. Setiap menjalankan usaha, pasti komplain dari konsumen adalah hal yang sering dihadapi.

Segera buang ego Anda dan lakukan tanggung jawab sebagai pengusaha. Segeralah minta maaf dengan tulus kepada konsumen Anda. Lakukan permohonan maaf dengan cara yang sopan, sehingga konsumen pun mampu melihat ketulusan Anda. Selain minta maaf, pastikan pula tindakan ini disertai dengan perbaikan pelayanan kepada konsumen dan juga yang paling penting adalah berikan penjelasan kepada konsumen mengapa hal tersebut bisa sampai terjadi, sehingga akar permasalahannya akan menjadi jelas dan tidak akan terulang kembali pada kesalahan yang sama.

  1. Jadi Pendengar yang Baik Bagi Konsumen

Komunikasi adalah kunci terjalinnya sebuah kesepakatan dalam sebuah usaha. Kadang kala, seorang pengusaha mendapati konsumen yang kurang sopan saat komplain. Jangan langsung terpancing emosi dan cobalah untuk menjadi pendengar yang baik bagi konsumen Anda.

Cobalah dengarkan keluhan konsumen mengenai produk yang telah ia beli. Mengapa produk tersebut tidak memuaskan dan dimana letak kesalahannya. Dengan menjadi pendengar yang baik, Anda akan mampu mempertahankan kepercayaan konsumen. Selain itu ketika Anda mendengarkan dengan baik keluhan konsumen, maka konsumen akan merasa sangat dihargai oleh Anda sang pemilik usaha. Hal ini juga akan membuat konsumen merasa lebih dekat dengan usaha Anda dan hal tersebut merupakan hal yang positif bagi jalannya usaha anda kedepannya.

  1. Lengkapi Detail Info Usaha Anda

Bagi pebisnis apalagi yang bergelut di dunia bisnis online, akan selalu mengandalkan yang namanya faktor kepercayaan/trust dari konsumen. Jangan sampai tidak ada yang membeli produk anda hanya karena konsumen tidak mendapatkan informasi yang lengkap mengenai detail usaha Anda, sehingga konsumen akan ragu dengan benar/tidaknya usaha anda tersebut. Jika sebelumnya info mengenai detail usaha Anda kurang lengkap, maka sekaranglah saatnya Anda harus mulai memikirkan bagaimana Agar informasi mengenai usaha Anda menjadi lebih detail, lengkap, jelas, jujur dan yang terpenting adalah kevalidan datanya.

Artikel Lain:  Kawasan yang Paling Dicari Untuk Investasi Properti di Indonesia

Misalnya jika Anda mempunyai toko online, pastikan untuk mencantumkan info yang lengkap mengenai detail informasi tentang toko online Anda. Berikan alamat Anda (jika ada di dunia nyata sertakan alamat toko Anda tersebut), siapa pemilik dan pendirinya, berikan juga nomor telepon yang bisa dihubungi, atau alamat email yang masih aktif. Jika diperlukan sertakan pula FAQ (Frequenly Asked Question). Menu ini berfungsi untuk menyediakan daftar pertanyaan yang sering diajukan oleh konsumen beserta jawabannya. Jadi selain hemat tenaga untuk menjawab setiap pertanyaan yang sama dan akan datang dikemudian hari, FAQ ini juga bisa membantu konsumen mencari keterangan tentang produk Anda.

  1. Percaya Diri Menghadapi Masalah

Ingatlah bahwa di setiap usaha yang Anda jalankan pasti akan ada suka dukanya. Masalah pasti selalu muncul di sela-sela usaha Anda. Jangan hanya karena ada satu konsumen yang komplain atas produk atau pelayanan yang diberikan, kemudian Anda merasa tidak percaya diri dan merasa gagal.

Anggaplah kesalahan tersebut sebagai pembelajaran berharga. Anda akan terbentuk menjadi pengusaha yang hebat jika mampu mengatasi permasalahan-permasalahan yang muncul dalam bisnis. Oleh karena itu, segera perbaiki kesalahan terhadap pelanggan tersebut dan jangan lupa untuk tetap optimis. Hadapi setiap komplain dari konsumen dengan baik agar mereka tidak lari dari usaha Anda.

  1. Jangan Pernah Mengulangi Kesalahan yang Sama Dua Kali

Jika Anda pernah melakukan kesalahan dalam menjalankan usaha dan berdampak pada berkurangnya kepercayaan konsumen terhadap usaha maupun pelayanan Anda, maka jangan pernah kesalahan yang sama tersebut terjadi lagi di kemudian hari. Karena jika tidak, maka informasi yang disampaikan dari mulut ke mulut oleh konsumen mengenai kecacatan usaha Anda, akan sangat berdampak negatif bagi keberlangsungan usaha Anda tersebut. Catat kesalahan yang pernah terjadi, perbaiki dan jangan sampai kesalahan-kesalahan tersebut kembali terulang nantinya, karena hal ini akan sangat benar-benar merugikan usaha Anda jika dibiarkan terus menerus.

Sumber: noos.co.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.