Digital Marketing RWD Indonesia

Cara Kerja Performance Marketing (+ 6 Alat yang Dapat Anda Gunakan)

Banyak perusahaan memiliki program rujukan karyawan di mana merujuk seseorang yang dipekerjakan datang dengan hadiah (biasanya bonus tunai).

Ini adalah prinsip pemasaran kinerja yang sama: pemasar menetapkan sasaran kinerja (seperti mendorong konversi) dan memberi penghargaan kepada mitra/orang yang membantu mereka mendapatkan konversi tersebut.

Mari selami lebih dalam cara kerja pemasaran kinerja, cara membuat strategi pemasaran kinerja, dan alat yang dapat Anda gunakan untuk menerapkannya.

Unduh Sekarang: Template Rencana Pemasaran Gratis (Dapatkan Salinan Anda)

Daftar isi

Apa itu pemasaran kinerja?

Performance marketing adalah strategi pemasaran digital yang didorong oleh hasil, di mana pengiklan (seperti merek atau bisnis) hanya membayar setelah tujuan tercapai, bisa berupa apa saja mulai dari melakukan pembelian hingga mengisi formulir di halaman arahan.

Dengan pendekatan kampanye iklan tradisional, tidak ada jaminan Anda akan mendapatkan laba atas investasi Anda, dan Anda hanya dapat memantau kinerja dan melakukan penyesuaian setelah diluncurkan.

Bahkan dibumbui pembeli media dapat memiliki kampanye yang gagal jika ada ketidaksesuaian antara kampanye dan audiens target.

Karena Anda hanya akan membayar ketika tujuan Anda tercapai, Anda mencapai tiga hal:

  • Kampanye Anda kurang berisiko
  • Ada jaminan laba atas investasi (ROI)
  • Anda memiliki kontrol yang lebih baik atas pengeluaran iklan Anda

Apakah pemasaran afiliasi sama dengan pemasaran kinerja?

Meskipun agak terkait, pemasaran afiliasi dan pemasaran kinerja berbeda.

⭐ Baca juga :  20 Creative Interview Questions (With Sample Answers)

Affiliate marketing adalah bagian dari performance marketing berdasarkan pembayaran komisi setelah setiap penjualan atau target sasaran/konversi.

Performance marketing telah berkembang lebih luas dari sekedar affiliate marketing, dengan target tujuan meningkatkan kinerja perusahaan secara keseluruhan.

Jenis Pemasaran Kinerja

Ada berbagai partner/saluran performance marketing yang perlu dipertimbangkan untuk kampanye Anda:

  • Pemasaran afiliasi: Mitra menggunakan kode atau tautan afiliasi untuk mempromosikan pengiklan ke audiens mereka dan dibayar dengan melacak konversi dari tautan unik mereka.
  • Pemasaran pemberi pengaruh: Merek bekerja sama dengan kreator dan pemberi pengaruh yang mempromosikan penawaran mereka kepada audiens unik mereka untuk menginspirasi mereka agar mengambil tindakan.
  • Pemasaran dan iklan berbayar: Bisnis bekerja sama dengan penayang untuk menampilkan iklan mereka (seperti di laman web) dan membayar penayang untuk tindakan seperti klik, pembelian setelah mengeklik, atau jumlah tayangan dari tempat mereka menampilkan iklan.
  • Pemasaran mesin pencari (SEM): Pengiklan menampilkan iklan dalam hasil pencarian untuk istilah terkait bisnis dan membayar penerbit jika iklan mereka diklik.
  • Iklan asli: Pengiklan membuat iklan yang menyatu dengan saluran yang mereka buka, dan pengiklan membayar afiliasi atau pemberi pengaruh berdasarkan konversi target mereka.
  • Pemasaran media sosial: Kreator dan influencer mengiklankan mitra di berbagai saluran media sosial.

Bagaimana Kinerja Pemasaran Bekerja

Menjalankan strategi pemasaran kinerja bergantung pada tiga pemain kunci:

  • Pengiklan (seperti retailer, merchant, merek, dll., yang ingin meningkatkan performa)
  • Penerbit atau mitra afiliasi (seseorang yang mempromosikan untuk pengiklan)
  • Jaringan pelacakan afiliasi (sistem pihak ketiga tempat pengiklan dan penerbit terhubung dan dapat melacak kinerja serta menerima pembayaran).
⭐ Baca juga :  Sales and marketing alignment for improved business effectiveness

pemasaran kinerja

Beberapa pengiklan mungkin menggunakan firma atau agensi manajemen program outsourcing (OPM) yang mengambil alih menjalankan program.

Cara Membuat Strategi Pemasaran Kinerja

1. Tentukan tujuan Anda.

Dengan kampanye pemasaran digital apa pun, menetapkan tujuan Anda adalah kuncinya.

Apa yang ingin Anda capai? Mungkin kesadaran merek secara umum, penjualan untuk lini produk baru Anda, lebih banyak prospek, atau yang lainnya. Misalnya, jika sasaran Anda adalah menarik prospek baru, Anda mungkin memiliki sasaran pemasaran kinerja untuk menarik 500 prospek baru.

Setelah menentukan sasaran, Anda dapat memilih penayang/mitra yang paling cocok untuk membantu Anda mencapainya.

2. Identifikasi mitra Anda.

Menemukan penerbit/mitra yang tepat membutuhkan riset, tetapi ini adalah langkah terpenting karena itulah cara Anda menginspirasi orang untuk berkonversi.

Saat ini, influencer adalah beberapa mitra paling populer karena tingginya tingkat kepercayaan yang mereka miliki dengan audiens mereka. Influencer bisa jadi YouTuber yang menambahkan tautan afiliasi dalam deskripsi video atau blogger yang menambahkan tautan balik ke laman landas Anda dalam konten tertulisnya.

⭐ Baca juga :  Panduan Memulai Pengoptimalan Mesin Pencari (SEO)

Setelah menemukan mitra atau saluran pilihan, Anda juga menguraikan struktur pembayaran. Misalnya, dengan SEM, Anda mungkin akan merancang program di mana Anda membayar Google untuk impresi atau klik, dan dengan pemberi pengaruh, Anda akan memutuskan bagaimana dan berapa banyak Anda akan membayar mereka kapan pun tujuan Anda tercapai.

Kami akan membahas lebih lanjut tentang cara mengukur kinerja pemasaran di bawah ini.

3. Buat dan tetapkan ID.

Langkah selanjutnya adalah menyiapkan tautan/URL dan kode pelacakan unik Anda.

Ini penting karena satu-satunya cara untuk mengatribusikan tindakan ke partner/penerbit Anda dengan benar adalah dengan kode unik, URL, atau parameter UTM.

Anda dapat melakukannya secara manual pada awalnya, tetapi banyak orang mengandalkan sistem pelacakan otomatis untuk memastikan semua atribusi konversi sudah benar.

Bagaimana Anda mengukur kinerja pemasaran?

Secara keseluruhan, metrik yang Anda gunakan menentukan tindakan yang memicu pembayaran komisi dan ROI upaya Anda. Semakin banyak tindakan yang Anda dorong, semakin sukses kampanye Anda.

Katakanlah saya adalah seorang influencer yang bermitra dengan Brandon Blackwood. Saya membagikan kode diskon 10% “MARTINA10” kepada pengikut saya untuk digunakan saat pembayaran saat membeli barang dari merek tersebut. Setiap kali seseorang menggunakan kode saya untuk membeli, saya akan mendapatkan persentase penjualan. Dalam hal ini, metrik yang dilacak adalah penjualan unik dari kode saya, yang dapat dibayar dengan model biaya per akuisisi.

⭐ Baca juga :  7 Prinsip Hierarki Visual untuk Setiap Pemasar

Beberapa pengukuran standar dan struktur penetapan harga untuk pemasaran kinerja adalah:

  • Biaya Per Akuisisi (BPA)/Bayar Per Penjualan – Jika sasaran Anda adalah mendorong penjualan, Anda akan mengukur kesuksesan kampanye Anda dengan jumlah penjualan dan membayar mitra Anda setiap kali seseorang membeli produk yang dapat dilacak langsung ke mereka.
  • Biaya Per Klik (BPK)/Bayar Per Klik – Jika sasaran Anda adalah untuk mendorong klik ke laman atau penawaran Anda, Anda akan membayar setiap kali mitra Anda mendorong seseorang untuk mengeklik (itulah sebabnya URL pelacakan sangat penting dalam membedakan lalu lintas biasa dari lalu lintas yang diilhami oleh mitra).
  • Biaya Per Lead (CPL)/Bayar Per Lead – Anda akan membayar setiap kali mendapatkan informasi baru tentang pengguna (seperti setelah mereka mengisi formulir) karena mitra menginspirasi mereka untuk mengirimkan informasi mereka. Anda kemudian akan memelihara prospek lebih lanjut dengan tujuan akhir untuk mengubah mereka menjadi pelanggan.
  • Biaya Per Tayangan (BPS) – Juga disebut biaya per seribu, Anda akan membayar berdasarkan jumlah tayangan yang Anda dapatkan dari iklan yang dibagikan mitra atau yang ditampilkan di suatu tempat. CPM biasanya membayar setiap 1.000 tayangan.
⭐ Baca juga :  Permintaan ChatGPT: Cara mengoptimalkan penjualan, pemasaran, penulisan, dan lainnya

Perangkat Lunak Pemasaran Berperforma Tinggi

Ada dua jenis utama perangkat lunak pemasaran kinerja: perangkat lunak yang berfokus pada menghubungkan pengiklan dengan mitra afiliasi atau penerbit, dan perangkat lunak yang memantau kinerja. Mari kita telusuri beberapa alat teratas di setiap kategori.

Alat Kemitraan Pemasaran Kinerja

1. PartnerStack

Harga: Hubungi untuk harga

Jika Anda adalah perusahaan SaaS yang ingin mengembangkan program mitra yang kuat, pertimbangkan PartnerStack.

Fitur Utama

  • Pilih dari jaringan mitra aktif, atau rekrut mitra pilihan Anda.
  • Portal mitra khusus dan orientasi otomatis untuk berbagi sumber daya pelatihan yang relevan.
  • Pelacakan kampanye untuk memahami kinerja dan memulai pembayaran.

2. Bermitra

Harga: Hubungi untuk harga

Bermitra adalah dasbor yang sederhana dan mudah digunakan untuk mengelola mitra Anda.

Fitur Utama

  • Bangun jaringan mitra khusus undangan, atau dapatkan rekomendasi mitra otomatis dari ekosistem mitranya.
  • Akses ke data kampanye waktu nyata untuk melihat kinerja mitra.
  • Struktur komisi khusus untuk setiap mitra dan mengotomatiskan proses pembayaran dan hadiah.

3. Everflow

Harga: $750/bln (Paket inti), hubungi untuk harga khusus

Everflow membantu Anda menyederhanakan manajemen kemitraan untuk memastikan Anda mendorong hasil.

Fitur Utama

  • Portal yang mudah digunakan untuk mengaktifkan mitra dan mengelola hubungan Anda.
  • Lacak setiap rujukan dan prospek serta atribusikan peristiwa konversi secara akurat ke setiap mitra.
  • Rancang struktur pembayaran khusus untuk membayar mitra saat mereka mencapai tujuan Anda.
⭐ Baca juga :  SpeedyBrand menggunakan AI generatif untuk membuat konten yang dioptimalkan untuk SEO

Salah satu perjuangan terbesar dalam bekerja dengan afiliasi adalah membuat dan melacak tautan dan kode dalam skala besar. Di bawah ini kami akan membahas beberapa alat yang berguna.

Alat Pelacakan Pemasaran Kinerja

1. LeadDyno

Harga: $49/bln Pemula), $129/bln (Plus), harga lebih lanjut untuk bisnis dengan 15.000+ pengunjung situs unik per bulan

LeadDyno memberikan alat merek untuk menumbuhkan program afiliasi yang sukses yang menyelaraskan imbalan dengan tindakan target Anda.

Fitur Utama:

  • Buat tautan, kode, atau tetapkan URL khusus untuk setiap mitra.
  • Dasbor afiliasi unik untuk memastikan Anda mengaitkan konversi dengan benar.
  • Sesuaikan struktur pembayaran berdasarkan metrik utama Anda dan kirim pembayaran dengan lancar.

2. AnyTrack.io

Harga: uji coba gratis 14 hari; $50/bln (Dasar), $150/bln (Pribadi), $300/bln (Lanjutan)

Dengan AnyTrack, pelaporan atribusi menjadi lebih mudah.

Fitur Utama

  • Tetapkan tag ke setiap mitra yang secara otomatis melacak, mengatribusikan, dan menyinkronkan konversi Anda.
  • Lacak setiap keterlibatan dan penjualan untuk memahami kinerja.
  • Integrasikan jaringan afiliasi kustom Anda.

3. Dampak

Harga: Hubungi untuk harga

Alat Dampak merampingkan proses kemitraan dari kontak awal hingga pembayaran.

Fitur Utama

  • Tag pelacakan universal membantu Anda melacak lalu lintas yang didorong mitra Anda di semua properti di semua perangkat.
  • Buat kontrak pembayaran dan bayar mitra secara otomatis saat mereka memberikan hasil pada metrik utama Anda.
  • Temukan mitra yang sesuai dengan kebutuhan Anda atau impor jaringan afiliasi Anda yang sudah ada.
⭐ Baca juga :  150+ Saluran YouTube Terbaik di Setiap Kategori

Vertikal Pemasaran Kinerja Tinggi

Ingin tahu industri mana yang paling banyak menggunakan performance marketing? Menurut a Studi tahun 2022 oleh Performance Marketing Association, pengiklan di sektor ritel menghabiskan paling banyak untuk pemasaran kinerja – terhitung 76% dari total pengeluaran. Sektor keuangan mengikuti dengan penurunan tajam menjadi 12%, kemudian industri perjalanan dengan 5%.

Dari sisi pendapatan, sektor dengan pendapatan tertinggi adalah ritel sebesar 84%, diikuti travel sebesar 10%. Industri seperti otomotif, perawatan kesehatan, dan telekomunikasi hanya menyumbang 1% dari total pendapatan pemasaran kinerja.

Namun, meski memiliki pengeluaran terbesar dan persentase pendapatan tertinggi, industri retail tidak menawarkan ROAS terbaik. Menurut laporan tersebut, industri otomotif menawarkan pengembalian terbaik di $26, diikuti oleh perjalanan di $21 dan retail di $12.

Industri apa pun dapat sukses dengan pemasaran kinerja. Ini semua tentang berkolaborasi dengan mitra yang tepat dan menyiapkan program yang kuat untuk mencapai sasaran pemasaran Anda.

Ajakan bertindak baru

*******

Source: blog.hubspot.com
FullbloggerBlog Internet Marketing And Online Business

Artikel Terkait :

Leave a Comment

Digital Marketing RWD Indonesia
Home
About Me
Kontak
Tools
Cari